31# SOAL ASESMEN 1 DPK PEMASARAN SMK KELAS 10

SOAL ASESMEN 1 DPK PEMASARAN
PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
KELAS  10 PEMASARAN

A. PILIHAN GANDA

1. Salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan disebut ....
a. Pasar sasaran (target market)
b. Mengevaluasi kebutuhan konsumen
c. Menjual produk yang memusakan konsumen
d. Lokasi pemasaran
e. Mengembangkan produk dan jasa
 
2.  Kepuasan konsumen bisa dikatakan tercapai jika....
a. Hasil penjualan meningkat 
b. Banyaknya stok barang yang menumpuk
c. Hasil penjualan menurun
d. Tidak tercapainya tujuan pemasaran
e.  Perusahaan mengalami kerugian
 
3. Usaha pertama dalam merencanakan kegiatan pemasaran yang mempunyai peranan yang khas untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya, merupakan bagian manajemen pemasaran tersebut pada tahap....
a. Planning                                                        d. Controlling
b. Organizing                                                     e. Directing
c.   Actuating
 
4. Pak Iskandar merupakan seorang manajer di suatu perusahaan. Dia melakukan standarisasi kualitas pekerjaan karyawannya. Selain itu, Pak Iskandar juga melakukan pengawasan kinerja karyawannya. Yang dilakuakn Pak Iskandar termasuk dalam manajemen pemasaran berupa....
a. Planning                                                         d. Controlling
b. Organizing                                                      e. Directing
c. Actuating
 
5. Konsep dasar produksi barang yang didasarkan usaha pemenuhan produk untuk kebutuhan masyarakat luas di seluruh dunia disebut ....
a. Konsep produksi                                             d. Konsep produk
b. Konsep pembelian                                          e. Konsep pemasaran sosial
c. Konsep pemasaran global
 
6. Konsep pemasaran yang mengatakan bahwa konsumen menyukai produk yang ditawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik, merupakan....
a.  Konsep Produksi                                           d. Konsep Pemasaran
b.  Konsep Produk                                             e. Konsep Pemasaran Global
c.  Konsep Penjualan
 
 
7. Pak Kasman membuat cafe untuk anak muda dengan sasaran mahasiswa dengan harga yang murah meriah kegiatan tersebut termasuk....
a. Konsep Produksi                                             d. Konsep Pemasaran
b. Konsep Produk                                               e. Konsep Pemsaran Global
c. Konsep Penjualan
 
8. Konsep pemasaran global berusaha untuk memenuhi kebutuhan …
a.  Masyarakat setempat                                      d. Seluruh masyarakat dan negara
b.  Lokal                                                               e. Masyarakat seluruh dunia
c.   Daerah tertentu saja
 
9.  Berikut yang termasuk dalam kelebihan konsep pemasaran, kecuali....
a. Memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat
b. Mudah dalam memikat hati pelanggan
c. Pemasaran terkoordinir
d. Penyebarannya promosi mudah
e. Modal yang digunakan besar
 
10. Kelebihan konsep pemasaran dimana penjual mmapu menyediakan produk sesuai kebutuhan konsumen merupakan ....
a. Memberikan apa yang dibutuhkan konsumen
b. Sulit menarik hati pelanggan
c. Pemasaran kurang terkoordinir
d. Penyebarannya sangat minim
e.  Modal yang digunakan besar
 
11. Penawaran pasar tidak terbatas pada barang fisik, tetapi juga jasa atau berupa layanan. Berikut yang bukan merupakan penawaran jasa layanan adalah....
a. Perbankan                                                        d. Pariwisata
b. Perjalanan Udara                                             e. Perabot Rumah Tangga
c. Penginapan Hotel
 
12.Pemasaran hanya berkaitan dengan penjualan dan pembelian, pandangan tersebut merupakan ruang lingkup pemasaran jika dipandang secara....
a. Pandangan Modern                                         d. Pandangan Akuntabilitas
b. Pandangan Sederhana                                     e. Pandangan Efektifitas
c. Pandangan Fleksibilitas
 
13.Dalam ruang lingkup manajemen pemasaran, yang merupakan elemen dasar pada pemasaran adalah....
a. Produk dan Layanan                                     d. Distribusi Fisik
b. Riset Pemasaran                                              e. Promosi
c. Saluran Distribusi
 
14. Hal yang mencakup sejumlah perantara yang dilakukan saat melakukan pemasaran seperti grosir, dan pengecer adalah....
a. Produk dan Layanan                                      d. Elemen Harga
b. Riset Pemasaran                                              e. Promosi
c. Saluran Distribusi
 
15. Elemen pemasaran yang menjadi satu-satunya elemen pemasaran yang menghasilkan pendapatan adalah....
a. Produk dan Layanan                                      d. Elemen Harga
b. Riset Pemasaran                                             e. Promosi
c. Saluran Distribusi
 
16. Ruang lingkup pemasaran dimana pemasar mempelajari dan menganalisis bagaimana konsumen merespon suatu produk atau jasa tertentu adalah....
a.  Kebutuhan dan Keinginan Konsumen
b.  Perilaku Konsumen
c.  Perencanaan
d.  Kebijakan Harga
e.  Promosi
 
17. Kegiatan yang mencakup kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasarannya disebut....
a. Kebutuhan Konsumen                                  d. Perilaku Konsumen
b. Perencanaan pendapatan                               e. Kebijakan Harga
c.  Promosi
 
18.  Bacalah pernyataan berikut.
1) Pertumbuhan lamban
2) Penurunan penjualan
3) Pola beli yang berubah-ubah
4) Peningkatan persaingan
5) Meningkatnya pengeluaran untuk pemasaran
6) Perubahan situasi ekonomi dan lingkungan lainnya
 
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan....
a. Konsep Pemasaran                                        d. Alasan melakukan pemasaran 
b. Ruang Lingkup Pemsaran                             e. Tujuan Pemasaran
c. Ciri-ciri pemasaran
 
19.  Pemasar yang ingin meraih kesuksesan berbisnis perlu memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Lingkungan yang berada di luar perusahaan yang dapat mempergaruhi keberhasilan perusahaan disebut ....
a. Lingkungan eksternal                                    d. Lingkungan internal Pemasaran
b. Lingkungan dalam perusahaan                      e. Karakteristik Pemasaran
c.  Ruang Lingkup Pemasaran
 
20. Bentuk pelayanan yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan adalah....
a. Pemasaran                                                       d. Transaksi
b. Nilai                                                                e. Produk
c. Jasa

B. ESAI 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dnegan benar dan jelas!
1. Jelaskan pengertian pemasraan yang anda ketahui?
2. Apa saja alasan perusahaan menggunakan konsep pemasaran dalam menjalankan usaha?
3. Sebutkan 3 (tiga) ciri-ciri barang dan jasa!
4. Menurut pendapat anda mana yang lebih penting didahulukan antara kebutuhan dengan keinginan? Berilah alasannya!
5. Apa saja media promosi yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan kegiatan pemasran secara online?

##Selamat Mengerjakan$$$

Kembali ke Beranda: SutadiYT80


Posting Komentar

0 Komentar