25# SOAL ASESMEN PKK SMK KELAS XI BAB 4 PROSES DISTRIBUSI PRODUK


PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dari jawaban A, B, C, D atau E yang anda anggap paling benar!
 
1.  Proses menyalurkan barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen disebut ....
A. produksi
B. distribusi
C. konsumsi
D. promosi
E. pemasaran
 
Jawaban: B

2.  Berikut ini termasuk tujuan distribusi produk, kecuali ...
A. memudahkan konsumen mendapatkan produk yang diperlukan
B. mengoptimalkan nilai guna produk
C. memberikan jaminan pada proses produksi
D. mempersulit pemindahan barang dari produsen ke konsumen
E. mempercepat proses pengiriman produk dari produsen ke konsumen

Jawaban: D
 
3. Fungsi pokok atau utama produksi yang berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen kepada konsumen dengan adanya penggantian berupa harga jual yang menitikberatkan pada penggunaan produk oleh konsumen karena adanya penjualan disebut sebagai fungsi ....
A. pengangkutan atau transportasi
B. penjualan dan pembelian produk
C. penyimpanan barang
D. standardisasi kualitas produk
E. resiko setelah transaksi

Jawaban: B
 
4. Fungsi tambahan distribusi produk yang diperoleh karena adanya tahapan pengumpulan dan penyortiran dalam proses distribusi sehingga produk sampai di tangan konsumen dengan kualitas terjamin baik isi, bentuk maupun ukurannya disebut fungsi ....
A. menyeleksi
B. mengemas
C. membungkus
D. memberi informasi
E. melabeli
 
Jawaban: A

5. Bentuk distribusi produk yang melibatkan produsen untuk terlibat langsung dalam penyaluran barang dan jasa kepada konsumen disebut ....
A. distribusi langsung
B. distribusi tidak langsung
C. distribusi intensif
D. distribusi eksklusif
E. distribusi selektif
 
Jawaban: A

6. Penyaluran produk yang dilakukan karena adanya kesepakatan sebelumnya yang dilakukan telah adanya kerjasama baik dengan agen maupun pengecer sehingga produsen dapat meminimalisir resiko kerugian disebut ....
A. distribusi langsung
B. distribusi tidak langsung
C. distribusi intensif
D. distribusi eksklusif
E. distribusi selektif
 
Jawaban: D

7. Rantai pasok yang merupakan proses yang menitikberatkan pada perolehan pasokan bahan baku produk yang melibatkan banyak pihak seperti pemasok, produsen dan pihak-pihak yang memiliki kepentingan terkait ketersediaan bahan baku disebut ....
A. rantai pasok hulu (upsream supply chain)
B. rantai pasok hilir (downstream supply chain)
C. rantai pasok langsung
D. rantai pasok tidak langsung
E. rantai pasok penunjang
 
Jawaban: A

8. Rantai pasok yang merupakan strategi distribusi yang berfokus pada aktifitas penyimpanan (gudang), pendistribusian hingga pelayanan purna jual disebut ....
A. rantai pasok langsung
B. rantai pasok tidak langsung
C. rantai pasok penunjang
D. rantai pasok hulu (upsream supply chain)
E. rantai pasok hilir (downstream supply chain)
 
Jawaban: E

9. Tempat penyimpanan sementara sebelum barang didistribusikan kepada konsumen disebut ....
A. ruangan
B. gudang
C. showroom
D. ruang transit
E. ruang tamu
 
Jawaban: B

10.  Berikut ini termasuk fungsi gudang dalam rantai pasok hilir, kecuali ....
A. menyimpan dan menjaga sirkulasi produk
B. melayani permintaan konsumen
C. memenuhi fungsi distribusi
D. memenuhi fungsi konsolidasi
E. menambah biaya penyimpanan
 
Jawaban: E

11.  Di bawah ini yang tidak termasuk manfaat penerapan sistem pergudangan adalah ....
A. meminimalisir kerusakan barang akibat kondisi alam seperti paparan sinar matahari, guyuran hujan, gangguan binatang ataupun kelembaban udara yang tinggi
B. mencatat semua aktifitas dan mobilitas barang baik masuk maupun keluar
C. menjamin dan melindungi barang baik gangguan internal maupun eksternal
D. mempermudah saluran distribusi produk sehingga tidak menganggu proses produksi
E. memberi beban tambahan kerja kepada karyawan
 
Jawaban: E

12. Penjualan merupakan aktiiftas pengalihan hak milik produk dari produsen kepada konsumen karena adanya pembayaran harga produk. Istilah lain penjualan adalah ....
A. transportation
B. selling
C. buying
D. storing
E. standardized
 
Jawaban: B

13. Aktifitas penyimpanan produk dilakukan sebelum produk disalurkan kepada konsumen yang bertujuan agar produk aman dari bahaya kehilangan maupun kerusakan serta memudahkan pencatatan jumlah persediaan barang. Istilah lain penyimpanan adalah ....
A. transportation
B. selling
C. buying
D. storing
E. standardized
 
Jawaban: B

14. Serangkaian kegiatan yang bertujuan memfasilitasi mobilisasi atau perpindahan suatu barang dalam proses produksi disebut ....
A. sistem produksi
B. sistem logistik
C. sistem transportasi
D. sistem pembayaran
E. sistem keamanan
 
Jawaban: B

15. Kegiatan yang dilakukan untuk membantu menyiapkan segala yang dibutuhkan dan diperlukan oleh orang lain disebut ....
A. produksi
B. konsumsi
C. transportasi
D. pelayanan
E. pembayaran
 
Jawaban: D

16. Pelayanan merupakan kegiatan usaha yang hasilnya berupa tambahan nilai suatu produk seperti layanan hiburan, kesehatan dan pemberian fasilitas tertentu. Istilah pelayanan disebut juga ....
A. product
B. service
C. consumtion
D. selling
E. buying
 
Jawaban: B

17. Pelayanan terbaik perusahaan yang ditawarkan kepada pelanggan baik di dalam maupun di luar perusahaan untuk mencapai kepuasan maksimal bagi pelanggan dan keuntungan optimal bagi perusahaan disebut ....
A. produksi
B. pelayanan
C. pelayanan prima
D. konsumsi
E. distribusi
 
Jawaban: C

18.  Istilah lain pelayanan prima adalah ....
A. product
B. customer service
C. consumtion
D. selling
E. buying
 
Jawaban: B

19.  Karakteristik pelayanan prima berupa pemberian pelayanan prima kepada pelanggan untuk bersikap sopan dan ramah sehingga pelanggan merasa nyaman. Karakteristik pelayanan ini termasuk ....
A. penampilan
B. sopan snatun dan keramahan
C. keahlian dna pengetahuan
D. ketepatan waktu
E. kejujuran
 
Jawaban: B

20.  Bentuk pelayanan penjual yang diberikan kepada pelanggan dilakukan sesuai aturan hukum yang berlaku sehingga tidak menyalahi aturan merupakan katakteristik pelayanan dari segi ....
A. efektifitas
B. efisiensi
C. jaminan kepastina hukum
D. keterbukaan
E. kepedulian
 
Jawaban: C

21. Pemberian pelayanan prima dapat dilakukan melalui penampilan yang menarik sehingga dapat membangun citra positif penjual dibenak konsumen. Hal ini merupakan pemberian pelayanan dari segi ...
A. berpenampilan menarik
B. percaya diri
C. berbahasa yang baik
D. kemampuan meyakinkan pelanggan
E. mendengarkan dengan sabar dan seksama
 
Jawaban: A

22. Bentuk pelayanan berupa pemberian informasi secara lisan yang dilakukan oleh bagian informasi seperti petugas call center dan customer service dan salesman disebut ....
A. pelayanan lisan
B. pelayanan tertulis
C. pelayanan aktifitas
D. pelayanan langsung
E. pelayanan prima
 
Jawaban: A

23. Bentuk pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan yang dilakukan dengan menyampaikan informasi tertulis melalui media seperti surat, brosur dan email disebut ....
A. pelayanan aktifitas
B. pelayanan langsung
C. pelayanan prima
D. pelayanan lisan
E. pelayanan tertulis
 
Jawaban: E

24.  Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan berupa pemberian informasi yang berkaitan dengan alur layanan, sistem operasional layanan dan ruang lingkup layanan yang ditetapkan oleh perusahaan disebut ....
A. pelayanan aktifitas
B. pelayanan langsung
C. pelayanan sebelum transaksi
D. pelayanan ketika transaksi
E. pelayanan setelah transaksi
 
Jawaban: ?

25. Jenis pelayanan yang diteirma oleh pelanggan setelah terjadinya transaksi seperti pengiriman produk tepat waktu dan pemberian garansi disebut ....
A. pelayanan aktifitas
B. pelayanan langsung
C. pelayanan sebelum transaksi
D. pelayanan ketika transaksi
E. pelayanan setelah transaksi
 
Jawaban: E

26. Pelayanan yang diberikan perusahaan atau penjual kepada pelanggan pada saat berlangsungnya proses transaksi seperti menyapa dengan senyuman ramah termasuk pelayanan ....
A. pelayanan aktifitas
B. pelayanan langsung
C. pelayanan sebelum transaksi
D. pelayanan ketika transaksi
E. pelayanan setelah transaksi
 
Jawaban: ?

27. Pelayanan yang dilakukan sesama rekan kerja untuk mendukung pengoptimalan kinerja perusahaan disebut ....
A. pelayanan ke dalam perusahaan
B. pelayanan ke luar perusahaan
C. pelayanan sebelum transaksi
D. pelayanan ketika transaksi
E. pelayanan setelah transaksi
 
Jawaban: A

28.  Pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pihak luar perusahaan disebut ....
A. pelayanan ke dalam perusahaan
B. pelayanan ke luar perusahaan
C. pelayanan sebelum transaksi
D. pelayanan ketika transaksi
E. pelayanan setelah transaksi
 
Jawaban: B

29. Pelayanan yang diberikan perusahaan atau produsen kepada pelanggan yang telah membeli produk disebut ....
A. pelayanan ke dalam perusahaan
B. pelayanan ke luar perusahaan
C. pelayanan sebelum transaksi
D. pelayanan ketika transaksi
E. pelayanan purna jual
 
Jawaban: E

30. Berikut ini termasuk manfaat layanan purnajual bagi perusahaan atau produsen, kecuali ....
A. menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan
B. memimimalisir pemberitaan yang negatif yang dapat berpengaruh terhadap citra perusahaan
C.  meminimalisir dan memangkas biaya promosi
D.  meningkatkan penjualan produk dan keuntungan perusahaan
E. pelanggan merasa luas atas pelayanan yang diberikan perusahaan atau penjual
 
Jawaban: E

31. Bentuk pelayanan prima yang dilakukan dengan memberikan servis gratis apabila barang yang telah dibeli konsumen mengalami kerusakan barang pada periode tertentu disebut ....
A. garansi
B. penggantian suku cadang
C. pengembalian barang
D. diskon
E. pemberian hadiah
 
Jawaban: A

32. Umpan balik pelanggan sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan layanan purna jual. Berikut ini termasuk cara mendapatkan umpan balik pelanggan, kecuali ....
A. bertanya langsung kepada pelanggan
B. memberikan angket kepada pelanggan
C. memberikan sampel produk untuk mendapatkan respon pelanggan
D. membuat forum khusus atau call center
E. menyebarkan brosur produk pesaing
 
Jawaban: E

33. Ekspresi ketidaknyamanan konsumen atas produk yang dibeli atau diterima seperti kurangnya kualitas produk, ketidaksesuaian produk dengan spesifikasi yang disampaikan saat promosi maupun kualitas produk yang tidak sesuai ekspektasi pelanggan disebut ....
A. keluhan
B. tanggapan
C. masukan
D. kritik
E. kepuasan
 
Jawaban: A

34. Penanganan keluhan pelanggan yang dilakukan perusahaan dengan menggunakan media komunikasi seperti telepon atau surat elektronik (email) sehingga keluhan dapat dilaukan dengan cepat dan tepat disebut ...
A. penanganan keluhan menggunakan sarana komunikasi
B. penanganan keluhan langsung
C. penanganan keluhan tatap muka
D. penanganan keluhan nyata
E. simulasi penanganan keluhan pelanggan
 
Jawaban: A

35. Berikut ini termasuk upaya menjaga kepuasan pelanggan yang dapat dilakukan perusahaan, kecuali ....
A. meningkatkan kualitas produk
B. membangun loyalitas pelanggan
C. membangun kedekatan emosional
D. menjaga kepuasan pelanggan
E. mengurangi standar kualitas produk
 
Jawaban: E

36. Bisnis bukan hanya tentang produk, tetapi juga tentang hubungan emosional antara perusahaan dengan konsumen. Pemberian pelayanan yang berkualitas dan memahami kebutuhan pelanggan dengan tepat termasuk upaya menjaga kepuasan pelanggan dengan cara  ...
A. meningkatkan kualitas produk
B. membangun loyalitas pelanggan
C. membangun kedekatan emosional pelanggan
D. menjaga kepuasan pelanggan
E. menjaga standar kualitas produk
 
Jawaban: C

37. Pelanggan yang loyal atau setia selalu melakukan pembelian produk secara berulang-ulang sehingga menciptakan jaminan aliran pendapatan bagi perusahaan disebut ....
A. loyalitas pelanggan
B. perilaku pelanggan
C. kebutuhan pelanggan
D. keinginan pelanggan
E. permintaan pelanggan
 
Jawaban: A

38.  Perhatikan pernyataan berikut ini.
1) pelayanan yang baik dan memenuhi harapan konsumen
2) media promosi yang kreatif dan inovatif
3) pelayanan yang hanya melayani waktu tertentu
4) fasilitas pelayanan yang terbatas
5) lokasi toko atau tempat belanja yang strategis

Berdasarkan pernyataan di atas, faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan ditunjukkan nomor ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
 
Jawaban: C

39. Strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan cara menjaga keberlangsungan hubungan natara produsen dengan konsumen sehingga terbangun kemitraan pelanggan disebut ....
A. strategi relationship marketing
B. strategi superior customer service
C. strategi unconditional guarantess
D. strategi win win solution
E. strategi win lose solution
 
Jawaban: A

40. Salah satu penyebab pelanggan meninggalkan produsen atau penjual yang disebabkan penyediaan layanan yang justru mempersulit konsumen. Hal ini termasuk alasan yang disebabkan karena ....
A. penipuan
B. kebijakan layanan
C. fasilitas tidak mendukung
D. pelayanan kurang profesional
E. produk kurang berkualitas
 
Jawaban: B

ESAI

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dnegan benar dan jelas!
1. Jelaskan pengertian distribusi produk? 
Distribusi produk adalah semua aktivitas yang melibatkan penyaluran barang atau jasa dari produsen (pihak yang membuat produk) kepada konsumen akhir (pihak yang menggunakan produk).

2. Apa saja tujuan distribusi produk?
Tujuannya untuk memastikan produk tersedia di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang sesuai, dan dalam kondisi yang baik, sehingga dapat diakses dan dibeli oleh konsumen.

3. Identifikasi manfaat gudang yang anda ketahui? 
Gudang bukan hanya sekadar "tempat penyimpanan", melainkan bagian integral dari strategi bisnis yang efisien, yang mendukung operasi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. Apa yang dimaksud pelayanan prima? 
Pelayanan prima, atau dalam bahasa Inggris disebut service excellence, adalah upaya maksimal yang diberikan oleh suatu perusahaan atau individu untuk memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, sehingga menciptakan pengalaman yang sangat memuaskan

5. Apa saja karakteristik pelayanan prima yang anda ketahui?
a. Kecepatan (Speed/Timeliness)
b. Ketepatan (Accuracy/Precision)
c. Keramahan dan Kesopanan (Friendliness & Courtesy)
d. Empati dan Perhatian (Empathy & Attentiveness)
e. Kompetensi dan Pengetahuan (Competence & Knowledge)
f. Aksesibilitas dan Ketersediaan (Accessibility & Availability)
g. Tanggung Jawab dan Akuntabilitas (Responsibility & Accountability)

6. Sebutkan 3 bentuk pelayanan purna jual!
a. Layanan Garansi dan Perbaikan
b. Dukungan Teknis dan Bantuan Pelanggan
c. Pembaruan, Upgrade, dan Penawaran Khusus

7. Apa saja faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan?     
a. Kualitas Produk/Layanan
b. Kualitas Pelayanan
c. Harga
d. Kemudahan Akses dan Kenyamanan
e. Emosi Pelanggan dan Citra Merek
f. Pengalaman Konsumsi/Penggunaan

8. Bagaimana cara menjaga kepuasan pelanggan? 
a. Pahami dan Lampaui Harapan Pelanggan
b. Berikan Kualitas Produk/Layanan yang Konsisten
c. Sediakan Pelayanan Pelanggan yang Luar Biasa
d. Kelola Keluhan dengan Profesional dan Efektif
e. Bangun Hubungan Jangka Panjang

9. Apa yang anda ketahui tentang loyalitas pelanggan? 

Loyalitas pelanggan adalah komitmen yang mendalam dari seorang pelanggan untuk secara konsisten membeli atau menggunakan kembali produk atau jasa dari suatu perusahaan, bahkan meskipun ada pengaruh situasional atau upaya pemasaran dari pesaing yang berpotensi membuatnya beralih. Ini lebih dari sekadar membeli berulang; ini mencerminkan ikatan emosional dan kepercayaan yang kuat terhadap merek.


10. Sebutkan 3 alasan pelanggan meninggalkan perusahaan atau penjual dan pindah ke produk lain!
a. Kualitas Produk atau Layanan yang Buruk/Menurun
b. Harga yang Tidak Kompetitif atau Nilai yang Dirasakan Menurun
c. Pengalaman Pelanggan yang Buruk atau Kurangnya Perhatian


SELAMAT MENGERJAKAN
 

Baca Juga:

01# Apa sih Pengertian Digital Onboarding itu?
02# Apa saja Manfaat Digital Onboarding?
03# Apa saja fungsi Digital Onboarding yang perlu diketahui?
04# Apa saja faktor pendukung berkembangnya digital onboarding?
05# 3 Fitur Sistem Digital Onboading yang perlu Anda ketahui?
06# Contoh Soal Digital Onboarding untuk Kelas XI SMK
07# 10 Soal Tipe Assesmen Kemampuan Minimal (AKM) Digital Onboarding yang wajib Anda ketahui!
08# Apa Saja Jenis Platform Pemasaran Digital yang populer?
09# Manfaat Platform Pemasaran Digital untuk kesuksesan usaha
10# Apa sih tujuan penggunaan Platform Pemasaran Digital?
11# Apa saja persiapan awal Penggunaan Platfotm Pemasaran Digital??
12# Memahami pengertian dan manfaat pemasaran digital melalui web
13# Cara membuat blog yang mudah dan menarik untuk pemasaran digital
14# Bagaimana langkah-langkah membuat akun dan posting di medium?
15# Contoh Soal Digital Onboarding 2 untuk Kelas XI SMK
16# Langkah-langkah pemasaran digital menggunakan Wattpad
17# Bagaimana sih langkah-langkah pemasaran digital menggunakan Slide Share?
18# Apa bisa Scribd digunakan untuk media pemasaran digital?
19# Bagaimana menggunakan Academia untuk pemasaran digital?
20# Bagaimana cara memanfaatkan ISSUE untuk Pemasaran digital?
21# Bagaimana sih cara memnfaatkan SITERUBIX untuk pemasaran digital?
22# Bagaimana cara menggunakan WORDPRESS untuk Pemasaran Digital?


Selengkapnya lihat video di Chanel Youtube: Sutadi YT80



Kembali ke Beranda

Posting Komentar

0 Komentar