Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dari jawaban A, B, C, D atau E yang anda anggap paling benar! 1.
Proses menyalurkan barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen disebut .... A. produksi B.distribusi C.konsumsi D.promosi E.pemasaran
Jawaban: B
2.
Berikut
ini termasuk tujuan distribusi produk, kecuali ... A. memudahkan
konsumen mendapatkan produk yang diperlukan B.mengoptimalkan
nilai guna produk C.memberikan
jaminan pada proses produksi D.mempersulit
pemindahan barang dari produsen ke konsumen E.mempercepat
proses pengiriman produk dari produsen ke konsumen
Jawaban: D 3.Fungsi
pokok atau utama produksi yang berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk
dari produsen kepada konsumen dengan adanya penggantian berupa harga jual yang
menitikberatkan pada penggunaan produk oleh konsumen karena adanya penjualan
disebut sebagai fungsi .... A. pengangkutan
atau transportasi B.penjualan
dan pembelian produk C.penyimpanan
barang D.standardisasi
kualitas produk E.resiko setelah transaksi
Jawaban: B 4. Fungsi
tambahan distribusi produk yang diperoleh karena adanya tahapan pengumpulan dan
penyortiran dalam proses distribusi sehingga produk sampai di tangan konsumen
dengan kualitas terjamin baik isi, bentuk maupun ukurannya disebut fungsi .... A.menyeleksi B. mengemas C.membungkus D.memberi
informasi E.melabeli
Jawaban: A
5.Bentuk
distribusi produk yang melibatkan produsen untuk terlibat langsung dalam
penyaluran barang dan jasa kepada konsumen disebut .... A. distribusi
langsung B.distribusi
tidak langsung C.distribusi
intensif D.distribusi
eksklusif E.distribusi
selektif
Jawaban: A
6. Penyaluran
produk yang dilakukan karena adanya kesepakatan sebelumnya yang dilakukan telah
adanya kerjasama baik dengan agen maupun pengecer sehingga produsen dapat
meminimalisir resiko kerugian disebut .... A. distribusi
langsung B. distribusi
tidak langsung C. distribusi
intensif D. distribusi
eksklusif E. distribusi
selektif
Jawaban: D
7. Rantai
pasok yang merupakan proses yang menitikberatkan pada perolehan pasokan bahan
baku produk yang melibatkan banyak pihak seperti pemasok, produsen dan
pihak-pihak yang memiliki kepentingan terkait ketersediaan bahan baku disebut
.... A. rantai
pasok hulu (upsream supply chain) B.rantai
pasok hilir (downstream supply chain) C.rantai
pasok langsung D.rantai
pasok tidak langsung E.rantai
pasok penunjang
Jawaban: A
8. Rantai
pasok yang merupakan strategi distribusi yang berfokus pada aktifitas
penyimpanan (gudang), pendistribusian hingga pelayanan purna jual disebut .... A. rantai
pasok langsung B.rantai
pasok tidak langsung C.rantai
pasok penunjang D.rantai
pasok hulu (upsream supply chain) E.rantai
pasok hilir (downstream supply chain)
Jawaban: E
9.Tempat
penyimpanan sementara sebelum barang didistribusikan kepada konsumen disebut
.... A. ruangan B.gudang C.showroom D.ruang
transit E.ruang
tamu
Jawaban: B
10.Berikut
ini termasuk fungsi gudang dalam rantai pasok hilir, kecuali .... A.menyimpan
dan menjaga sirkulasi produk B.melayani
permintaan konsumen C.memenuhi
fungsi distribusi D.memenuhi
fungsi konsolidasi E.menambah
biaya penyimpanan
Jawaban: E
11.Di
bawah ini yang tidak termasuk manfaat penerapan sistem pergudangan adalah .... A. meminimalisir
kerusakan barang akibat kondisi alam seperti paparan sinar matahari, guyuran
hujan, gangguan binatang ataupun kelembaban udara yang tinggi B.mencatat
semua aktifitas dan mobilitas barang baik masuk maupun keluar C.menjamin
dan melindungi barang baik gangguan internal maupun eksternal D. mempermudah
saluran distribusi produk sehingga tidak menganggu proses produksi E.memberi
beban tambahan kerja kepada karyawan
Jawaban: E
12. Penjualan
merupakan aktiiftas pengalihan hak milik produk dari produsen kepada konsumen
karena adanya pembayaran harga produk. Istilah lain penjualan adalah .... A. transportation B.selling C.buying D.storing E.standardized
Jawaban: B
13. Aktifitas
penyimpanan produk dilakukan sebelum produk disalurkan kepada konsumen yang
bertujuan agar produk aman dari bahaya kehilangan maupun kerusakan serta
memudahkan pencatatan jumlah persediaan barang. Istilah lain penyimpanan adalah
.... A.transportation B.selling C.buying D.storing E.standardized
Jawaban: B
14.Serangkaian
kegiatan yang bertujuan memfasilitasi mobilisasi atau perpindahan suatu barang
dalam proses produksi disebut .... A. sistem
produksi B.sistem
logistik C.sistem
transportasi D.sistem
pembayaran E.sistem
keamanan
Jawaban: B
15. Kegiatan
yang dilakukan untuk membantu menyiapkan segala yang dibutuhkan dan diperlukan
oleh orang lain disebut .... A. produksi B.konsumsi C.transportasi D.pelayanan E.pembayaran
Jawaban: D
16. Pelayanan
merupakan kegiatan usaha yang hasilnya berupa tambahan nilai suatu produk
seperti layanan hiburan, kesehatan dan pemberian fasilitas tertentu. Istilah
pelayanan disebut juga .... A. product B.service C.consumtion D.selling E.buying
Jawaban: B
17.Pelayanan
terbaik perusahaan yang ditawarkan kepada pelanggan baik di dalam maupun di
luar perusahaan untuk mencapai kepuasan maksimal bagi pelanggan dan keuntungan
optimal bagi perusahaan disebut .... A. produksi B.pelayanan C.pelayanan
prima D.konsumsi E.distribusi
Jawaban: C
18. Istilah
lain pelayanan prima adalah .... A. product B.customer
service C.consumtion D.selling E.buying
Jawaban: B
19.Karakteristik
pelayanan prima berupa pemberian pelayanan prima kepada pelanggan untuk
bersikap sopan dan ramah sehingga pelanggan merasa nyaman. Karakteristik
pelayanan ini termasuk .... A. penampilan B.sopan
snatun dan keramahan C.keahlian
dna pengetahuan D.ketepatan
waktu E.kejujuran
Jawaban: B
20.Bentuk
pelayanan penjual yang diberikan kepada pelanggan dilakukan sesuai aturan hukum
yang berlaku sehingga tidak menyalahi aturan merupakan katakteristik pelayanan
dari segi .... A.efektifitas B.efisiensi C.jaminan
kepastina hukum D.keterbukaan E.kepedulian
Jawaban: C
21.Pemberian
pelayanan prima dapat dilakukan melalui penampilan yang menarik sehingga dapat
membangun citra positif penjual dibenak konsumen. Hal ini merupakan pemberian
pelayanan dari segi ... A.berpenampilan
menarik B.percaya
diri C.berbahasa
yang baik D.kemampuan
meyakinkan pelanggan E.mendengarkan
dengan sabar dan seksama
Jawaban: A
22.Bentuk
pelayanan berupa pemberian informasi secara lisan yang dilakukan oleh bagian
informasi seperti petugas call center dan customer service dan salesman disebut
.... A. pelayanan
lisan B.pelayanan
tertulis C.pelayanan
aktifitas D.pelayanan
langsung E.pelayanan
prima
Jawaban: A
23. Bentuk
pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan yang dilakukan dengan menyampaikan
informasi tertulis melalui media seperti surat, brosur dan email disebut .... A.pelayanan
aktifitas B.pelayanan
langsung C.pelayanan
prima D.pelayanan
lisan E.pelayanan
tertulis
Jawaban: E
24.Pelayanan
yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan berupa pemberian informasi yang
berkaitan dengan alur layanan, sistem operasional layanan dan ruang lingkup
layanan yang ditetapkan oleh perusahaan disebut .... A. pelayanan
aktifitas B.pelayanan
langsung C.pelayanan
sebelum transaksi D.pelayanan
ketika transaksi E.pelayanan
setelah transaksi
Jawaban: ?
25. Jenis
pelayanan yang diteirma oleh pelanggan setelah terjadinya transaksi seperti
pengiriman produk tepat waktu dan pemberian garansi disebut .... A. pelayanan
aktifitas B.pelayanan
langsung C.pelayanan
sebelum transaksi D.pelayanan
ketika transaksi E.pelayanan
setelah transaksi
Jawaban: E
26.Pelayanan
yang diberikan perusahaan atau penjual kepada pelanggan pada saat berlangsungnya
proses transaksi seperti menyapa dengan senyuman ramah termasuk pelayanan .... A. pelayanan
aktifitas B.pelayanan
langsung C.pelayanan
sebelum transaksi D.pelayanan
ketika transaksi E.pelayanan
setelah transaksi
Jawaban: ?
27. Pelayanan
yang dilakukan sesama rekan kerja untuk mendukung pengoptimalan kinerja
perusahaan disebut .... A. pelayanan
ke dalam perusahaan B.pelayanan
ke luar perusahaan C.pelayanan
sebelum transaksi D.pelayanan
ketika transaksi E.pelayanan
setelah transaksi
Jawaban: A
28. Pelayanan
yang diberikan perusahaan kepada pihak luar perusahaan disebut .... A.pelayanan
ke dalam perusahaan B.pelayanan
ke luar perusahaan C.pelayanan
sebelum transaksi D.pelayanan
ketika transaksi E.pelayanan
setelah transaksi
Jawaban: B
29. Pelayanan
yang diberikan perusahaan atau produsen kepada pelanggan yang telah membeli
produk disebut .... A. pelayanan
ke dalam perusahaan B.pelayanan
ke luar perusahaan C.pelayanan
sebelum transaksi D.pelayanan
ketika transaksi E.pelayanan
purna jual
Jawaban: E
30. Berikut
ini termasuk manfaat layanan purnajual bagi perusahaan atau produsen, kecuali
.... A.menciptakan
hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan B.memimimalisir
pemberitaan yang negatif yang dapat berpengaruh terhadap citra perusahaan C.meminimalisir
dan memangkas biaya promosi D.meningkatkan
penjualan produk dan keuntungan perusahaan E. pelanggan
merasa luas atas pelayanan yang diberikan perusahaan atau penjual
Jawaban: E
31. Bentuk
pelayanan prima yang dilakukan dengan memberikan servis gratis apabila barang
yang telah dibeli konsumen mengalami kerusakan barang pada periode tertentu
disebut .... A. garansi B.penggantian
suku cadang C.pengembalian
barang D.diskon E.pemberian
hadiah
Jawaban: A
32. Umpan
balik pelanggan sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan layanan purna
jual. Berikut ini termasuk cara mendapatkan umpan balik pelanggan, kecuali .... A. bertanya
langsung kepada pelanggan B.memberikan
angket kepada pelanggan C. memberikan
sampel produk untuk mendapatkan respon pelanggan D.membuat
forum khusus atau call center E.menyebarkan
brosur produk pesaing
Jawaban: E
33. Ekspresi
ketidaknyamanan konsumen atas produk yang dibeli atau diterima seperti
kurangnya kualitas produk, ketidaksesuaian produk dengan spesifikasi yang
disampaikan saat promosi maupun kualitas produk yang tidak sesuai ekspektasi
pelanggan disebut .... A. keluhan B.tanggapan C.masukan D.kritik E.kepuasan
Jawaban: A
34. Penanganan
keluhan pelanggan yang dilakukan perusahaan dengan menggunakan media komunikasi
seperti telepon atau surat elektronik (email) sehingga keluhan dapat dilaukan dengan
cepat dan tepat disebut ... A. penanganan
keluhan menggunakan sarana komunikasi B.penanganan
keluhan langsung C.penanganan
keluhan tatap muka D.penanganan
keluhan nyata E.simulasi
penanganan keluhan pelanggan
Jawaban: A
35. Berikut
ini termasuk upaya menjaga kepuasan pelanggan yang dapat dilakukan perusahaan,
kecuali .... A. meningkatkan
kualitas produk B.membangun
loyalitas pelanggan C.membangun
kedekatan emosional D.menjaga
kepuasan pelanggan E.mengurangi
standar kualitas produk
Jawaban: E
36. Bisnis
bukan hanya tentang produk, tetapi juga tentang hubungan emosional antara
perusahaan dengan konsumen. Pemberian pelayanan yang berkualitas dan memahami
kebutuhan pelanggan dengan tepat termasuk upaya menjaga kepuasan pelanggan dengan
cara ... A. meningkatkan
kualitas produk B.membangun
loyalitas pelanggan C.membangun
kedekatan emosional pelanggan D.menjaga
kepuasan pelanggan E.menjaga
standar kualitas produk
Jawaban: C
37. Pelanggan
yang loyal atau setia selalu melakukan pembelian produk secara berulang-ulang sehingga
menciptakan jaminan aliran pendapatan bagi perusahaan disebut .... A. loyalitas
pelanggan B.perilaku
pelanggan C.kebutuhan
pelanggan D.keinginan
pelanggan E.permintaan
pelanggan
Jawaban: A
38.Perhatikan
pernyataan berikut ini. 1)pelayanan
yang baik dan memenuhi harapan konsumen 2)media
promosi yang kreatif dan inovatif 3)pelayanan
yang hanya melayani waktu tertentu 4)fasilitas
pelayanan yang terbatas 5)lokasi toko atau tempat belanja yang
strategis
Berdasarkan
pernyataan di atas, faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan ditunjukkan
nomor .... A. 1, 2 dan 3 B.1,
2 dan 4 C.1,
2 dan 5 D.2,
3 dan 4 E.2,
3 dan 5
Jawaban: C
39.Strategi
untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen dapat
dilakukan dengan cara menjaga keberlangsungan hubungan natara produsen dengan
konsumen sehingga terbangun kemitraan pelanggan disebut .... A.strategi
relationship marketing B.strategi
superior customer service C.strategi
unconditional guarantess D.strategi
win win solution E.strategi
win lose solution
Jawaban: A
40. Salah
satu penyebab pelanggan meninggalkan produsen atau penjual yang disebabkan
penyediaan layanan yang justru mempersulit konsumen. Hal ini termasuk alasan
yang disebabkan karena .... A. penipuan B.kebijakan
layanan C.fasilitas
tidak mendukung D.pelayanan
kurang profesional E.produk kurang berkualitas
Jawaban: B
ESAI
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini dnegan benar dan jelas! 1.Jelaskan pengertian distribusi
produk?
Distribusi produk adalah semua aktivitas yang melibatkan penyaluran barang atau jasa dari produsen (pihak yang membuat produk) kepada konsumen akhir (pihak yang menggunakan produk).
2.Apa
saja tujuan distribusi produk?
Tujuannya untuk memastikan produk tersedia di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang sesuai, dan dalam kondisi yang baik, sehingga dapat diakses dan dibeli oleh konsumen.
3.Identifikasi
manfaat gudang yang anda ketahui?
Gudang bukan hanya sekadar "tempat penyimpanan", melainkan bagian integral dari strategi bisnis yang efisien, yang mendukung operasi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
4.Apa
yang dimaksud pelayanan prima?
Pelayanan prima, atau dalam bahasa Inggris disebut service excellence, adalah upaya maksimal yang diberikan oleh suatu perusahaan atau individu untuk memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, sehingga menciptakan pengalaman yang sangat memuaskan
5.Apa
saja karakteristik pelayanan prima yang anda ketahui?
a. Kecepatan (Speed/Timeliness)
b. Ketepatan (Accuracy/Precision)
c. Keramahan dan Kesopanan (Friendliness & Courtesy)
d. Empati dan Perhatian (Empathy & Attentiveness)
e. Kompetensi dan Pengetahuan (Competence & Knowledge)
f. Aksesibilitas dan Ketersediaan (Accessibility & Availability)
g. Tanggung Jawab dan Akuntabilitas (Responsibility & Accountability)
6.Sebutkan
3 bentuk pelayanan purna jual!
a. Layanan Garansi dan Perbaikan
b. Dukungan Teknis dan Bantuan Pelanggan
c. Pembaruan, Upgrade, dan Penawaran Khusus
7.Apa
saja faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan?
a. Kualitas Produk/Layanan
b. Kualitas Pelayanan
c. Harga
d. Kemudahan Akses dan Kenyamanan
e. Emosi Pelanggan dan Citra Merek
f. Pengalaman Konsumsi/Penggunaan
8.Bagaimana
cara menjaga kepuasan pelanggan?
a. Pahami dan Lampaui Harapan Pelanggan
b. Berikan Kualitas Produk/Layanan yang Konsisten
c. Sediakan Pelayanan Pelanggan yang Luar Biasa
d. Kelola Keluhan dengan Profesional dan Efektif
e. Bangun Hubungan Jangka Panjang
9.Apa
yang anda ketahui tentang loyalitas pelanggan?
Loyalitas pelanggan adalah komitmen yang mendalam dari seorang pelanggan untuk secara konsisten membeli atau menggunakan kembali produk atau jasa dari suatu perusahaan, bahkan meskipun ada pengaruh situasional atau upaya pemasaran dari pesaing yang berpotensi membuatnya beralih. Ini lebih dari sekadar membeli berulang; ini mencerminkan ikatan emosional dan kepercayaan yang kuat terhadap merek.
10.Sebutkan
3 alasan pelanggan meninggalkan perusahaan atau penjual dan pindah ke produk lain!
a. Kualitas Produk atau Layanan yang Buruk/Menurun
b. Harga yang Tidak Kompetitif atau Nilai yang Dirasakan Menurun
c. Pengalaman Pelanggan yang Buruk atau Kurangnya Perhatian
0 Komentar