26# SOAL ASESMEN PENGELOLAAN BISNIS RITEL FASE F KELAS XI

 


PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dari jawaban A, B, C, D atau E yang anda anggap paling benar!
 

1.   Dokumen komersial dan penawaran resmi pertama yang dikeluarkan oleh pembeli kepada penjual adalah pengertian dari….

a. ordering

b. receiving

c. selling 

d.  displaying

c. warehousing


Jawaban: A

 

2.  Berikut yang bukan manfaat ordering adalah….

a. para calon investor perusahaan

b. calon pengguna produk baru

c. para calon investor dan konsumen

d. dapat melakukan promosi produk baru

c. dapat dijangkau oleh masyarakat


Jawaban: C

 

3.   Bagian dari proses ordering adalah ….

a. daftar permintaan barang keluar

b. pemilihan supplier

c. seleksi supplier 

d. ordering

c. waktu pelaksanaan ordering


Jawaban: C

 

4.   Di bawah ini yang termasuk pengertian alur ordering adalah ….

a. waktu pelaksanaan ordering

b. pemilihan supplier

c. daftar permintaan barang keluar

d. ordering

c. seleksi supplier


Jawaban: B

 

5.   Perhatikan bagian dari cara kerja ordering berikut ini.

1) pembayaran

2) seleksi supplier

3) informasi penjual

4) detail pesanan

5) ringkasan

 

Yang merupakan bagian dari cara kerja ordering adalah ….

a. 3), 4) dan 5)

b. 1), 4) dan 5)

c. 2), 3) dan 4)

d. 2), 4) dan 5)

c. 1), 3) dan 5)

 

Jawaban: A


6.  Bagian dari finance department yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap penerimaan barang adalah pengertian dari ….

a. receiving     

b. ordering

c. displaying       

dselling

c. warehousing


Jawaban: A

 

7.  Informasi tentang proses pemesanan yang harus dipahami oleh setiap manajer gudang di toko ritel adalah ….

a. memastikan bahwa barang diterima di gudang toko ritel dengan cara yang benar dan tepat sasaran

b. memperhatikan kuantitas, kualitas dan juga nominal harga barang

c. membuat surat tentang barang-barang yang hendak dipesan semua kekayaan yang dimiliki

d. menyetujui pemesanan

e. mengirimkan salinan order


Jawaban: A

 

8.  Berikut adalah proses logistik yang efisien dan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan kecuali….

a. barang  apa yang diterima atau dikirim

b. bagaimana barang akan siterima atau dikirim

c. kapan barang akan diterima atau dikirim

d. syarat diperlukan untuk memungkinkan logistik

e. apakah barang yang akan dikirm atau diterima


Jawaban: D

 

9.   Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1) memeriksa kelengkapan barang dan dokumen

2) penerimaan barang

3) pengiriman barang sesuai ekspedisi yang ditunjuk

4) melakukan penyimpanan barang

 

Poin penting dalam penerimaan barang ditunjukkan pada nomor ….

a. 1), 2) dan 3)

b. 2), 3) dan 4)

c. 1), 2) dan 4) 

d. 3), 4) dan 1)

e.  1) dan 2)


Jawaban: B

 

10.  Berikut yang bukan bagian dari tahap penerimaan barang atau receiving adalah ….

a. pengangkut barang memasuki area penyimpanan

b. parkir di baris yang ditentukan

c. persiapan bongkar muat

d. menerima barang dalam jumlah yang berbeda dengan yang dipesan

e. bongkar muat dilaakukan di dok bongkar


Jawaban: D

 

11. Kegiatan atau transaksi penjualan barang atau jasa kepada konsumen dimana penjual atau penyedia barang atau jasa mengalihkan hak milik atas barang tersebut kepada pembeli dengan harga yang disepakati oleh kedua belah pihakadalah pengertian dari ….

a. ordering                

breceiving

c. displaying               

dselling

c.  warehousing


Jawaban: E

 

12. Yang bukan termaasuk tujuan utama dari proses bisnis selling adalah ….

a. bertujuan untuk penjualan konstan

b. upaya mendapatkan keuntungan lebih dari yang dikeluarkan

c. penjualan yang dinatakan dalam jumlah besar

d. mendukung pertumbuhan bisnis

e. mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual


Jawaban: C

 

13. Perhatikan pernyataan berikut ini.

1) Daya beli konsumen

2) Ketersediaan produk di pasaran

3) Daya beli konsumen

4) Warna favorit produk bagi seseorang

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan ditunjukkan pada nomor ….

a. 1) dan 2)   

b. 1), 3) dan 4)

c. 1) dan 3)  

d. 2), 3) dan 4)

e.  1), 2) dan 3)

 

Jawaban: B


14. Jenis penjualan yang menawarkan keselamatan kepada dealer untuk membeli grosir adalah pengertian dari ….

a. technical selling                              

bmissionary selling

c. new bussines selling             

dresponsive selling

e. trade selling

 

Jawaban: C


15. Upaya untuk meningkatkan penjualan dan memberikan nasehat kepada pembeli akhir barang dan jasa adalah ….

a. trade selling                    

b missionary selling

c. responsive selling                                                      

d. technical selling

c. new bussines selling

 

Jawaban: E


16. Di bawah ini pengertian perangkat POS (Point of Sale) dalam bisnis ritel adalah ….

a. tempat untuk mengiklankan produk

b. sistem untuk mengelola stok dan inventori produk

c. proses pembayaran dan pencatatan penjualan di lokasi ritel

d. alat untuk mengirimkan pesanan kepada pelanggan

e. alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan


Jawaban: C

 

17. Manfaat utama dari penggunaan barcode dalam bisnis ritel adalah….

  1. mengirimkan pesanan kepada pelanggan
  2. melacak stok dan harga produk dengan akurat
  3.  mencatat ulasan pelanggan
  4. mengelola stok produk secara manual
  5. pengelolaan persediaan barang di toko
      Jawaban: B

 18. Sistem manajemen inventori pada bisnis ritel dapat diartikan sebagai ....

a. proses pembayaran online

b. cara mengelola produk-produk yang dijual dalam toko ritel

c. pengiriman produk kepada pelanggan

d. melacak ulasan pelanggan tentang produk

e. pemeriksaan barang yang diterima bagian gudang dari supplier


Jawaban: B

 19. Manfaat utama dari penggunaan sistem CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan) dalam bisnis ritel adalah….

a. menyimpan stok produk

b. mengirim pesanan kepada pelanggan

c. mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan

d. menampilkan produk di toko fisik

e. menghitung barang yang ada di gudang


Jawaban: C

 20. Perbedaan antara grosir dan eceran dalam konteks bisnis ritel adalah ….

a. Grosir adalah toko ritel online, sedangkan eceran adalah toko fisik

b. Grosir menjual produk dalam jumlah besar kepada bisnis, sedangkan eceran menjual produk kepada konsumen akhir

c. Grosir dan eceran adalah istilah yang digunakan secara bergantian dalam bisnis ritel

d. Grosir hanya menjual produk-produk mahal

e.  Grosir sama dengan eceran


Jawaban: B


ESAI
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dnegan benar dan jelas!

1. Jelaskan pengertian ordering dalam bisnis ritel?

  Ordering adalah aktivitas untuk mendatangkan barang melalui pemesanan pada supplier dengan cara dan prosedur yang baku atau umum, yakni dengan membuat surat Pemesanan Barang (Purchace Order/PO) tersebut kepada supplier.


2. Bagaimanakah cara untuk menjaga barang yang ada di gudang?

a. Memastikan Lingkungan Gudang yang Sesuai

b. Menyimpan Barang dengan Benar

c. Memperbarui Sistem Inventarisasi

d. Mengimplementasikan Sistem FIFO

e. Melakukan Inspeksi Rutin

f. Mengimplementasikan Sistem Labeling

g. Mengadopsi Sistem Manajemen Gudang yang Efektif


3.      Apa yang dimaksud peralatan pemajangan barang dalam bisnis ritel?
Pemilihan peralatan pemajangan ini tergantung pada jenis barang yang akan dipajang dan tujuan pemajangan (misalnya, menarik perhatian, mempromosikan produk, atau menciptakan suasana tertentu). 


SELAMAT MENGERJAKAN
 

Baca Juga:

01# Apa sih Pengertian Digital Onboarding itu?
02# Apa saja Manfaat Digital Onboarding?
03# Apa saja fungsi Digital Onboarding yang perlu diketahui?
04# Apa saja faktor pendukung berkembangnya digital onboarding?
05# 3 Fitur Sistem Digital Onboading yang perlu Anda ketahui?
06# Contoh Soal Digital Onboarding untuk Kelas XI SMK
07# 10 Soal Tipe Assesmen Kemampuan Minimal (AKM) Digital Onboarding yang wajib Anda ketahui!
08# Apa Saja Jenis Platform Pemasaran Digital yang populer?
09# Manfaat Platform Pemasaran Digital untuk kesuksesan usaha
10# Apa sih tujuan penggunaan Platform Pemasaran Digital?
11# Apa saja persiapan awal Penggunaan Platfotm Pemasaran Digital??
12# Memahami pengertian dan manfaat pemasaran digital melalui web
13# Cara membuat blog yang mudah dan menarik untuk pemasaran digital
14# Bagaimana langkah-langkah membuat akun dan posting di medium?
15# Contoh Soal Digital Onboarding 2 untuk Kelas XI SMK
16# Langkah-langkah pemasaran digital menggunakan Wattpad
17# Bagaimana sih langkah-langkah pemasaran digital menggunakan Slide Share?
18# Apa bisa Scribd digunakan untuk media pemasaran digital?
19# Bagaimana menggunakan Academia untuk pemasaran digital?
20# Bagaimana cara memanfaatkan ISSUE untuk Pemasaran digital?
21# Bagaimana sih cara memnfaatkan SITERUBIX untuk pemasaran digital?
22# Bagaimana cara menggunakan WORDPRESS untuk Pemasaran Digital?


Selengkapnya lihat video di Chanel Youtube: Sutadi YT80



Kembali ke Beranda

Posting Komentar

0 Komentar