33# SOAL PENGAYAAN_REMIDIAL DPK PEMASARAN 10 PMS 2025

   

SOAL PENGAYAAN & REMIDIAL
 
Mata Pelajaran                     :  DPK Pemasaran
Kelas/Program Keahlian      :  10/ Pemasaran
Waktu                                  :  90 menit
 
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawab yang tersedia!
 
1.  Kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi disebut ....
a.       Bisnis                                                              d. Kebutuhan
b.      Barang                                                             e. Keinginan
c.       Jasa
 
2.  Kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya disebut ....
a.       Pemasaran                                                       d. Pengangkutan
b.      Distribusi                                                         e. Promosi
c.       Pembelian
 
3.      Berikut ini yang termasuk tujuan pemasaran, kecuali ....
a.       Promosi produk atau layanan jasa
b.      Realisasi target penjualan produk atau layanan jasa
c.       Mengetahui kepuasan konsumen
d.      Mengetahui alamat semua pembeli produk dan layanan jasa
e.       Mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen
 
4.  Konsumen dapat mengetahui dan membeli suatu produk yang dipasarkan oleh produsen dengan uang ataupun barang lain yang senilai. Hal ini merupakan fungsi pemasaran sebagai ....
a.       Fungsi Pemasaran                                           d. Fungsi penyimpanan
b.      Fungsi pengiriman                                           e. Fungsi perantara
c.       Fungsi pendistribusian
 
5.      Istilah lain sales adalah....
a.       Penjualan                                                         d. Pemasukan
b.      Pembelian                                                        e. Pengembangan
c.       Pengeluaran
 
6.   Suatu bawaan dasar biologis setiap insan, tidak bisa direkayasa oleh pemasar dan bersifat internal disebut ...
a.       Kebutuhan                                                      d. Keinginan
b.      Permintaan                                                      e. Produk
c.       Pasar
 
7.      Hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan disebut ...
a.       Kebutuhan                                                      d. Keinginan
b.      Permintaan                                                      e. Produk
c.       Pasar
8.      Saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri disebut ….
a.       Saluran distribusi                                            d. Pemasaran
b.      Kebutuhan                                                      e. Keinginan
c.       Produk
 
9.      Segala sesuatu yang dapat ditawarkan guna memuaskan kebutuhan dan keinginan disebut....
a.       Kebutuhan                                                      d. Keinginan
b.      Permintaan                                                      e. Produk
c.       Pasar
 
10.  Bisnis atau pemasaran yang menggunakan media syarat utama yaitu koneksi internet dan hanya menampilkan bentuk gambar visual saja yang mewakili produk fisiknya disebut ...
a.       Bisnis dan pemasaran online                           d. Bisnis dan pemasaran offline
b.      Pemasaran nyata                                             e. Pemasaran konkrit
c.       Pemasaran langsung
 
11.  Salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan disebut ....
a.       Pasar sasaran (target market)
b.      Mengevaluasi kebutuhan konsumen
c.       Menjual produk yang memusakan konsumen
d.      Lokasi pemasaran
e.       Mengembangkan produk dan jasa
 
12.  Kepuasan konsumen bisa dikatakan tercapai jika....
a.       Hasil penjualan meningkat
b.      Banyaknya stok barang yang menumpuk
c.       Hasil penjualan menurun
d.      Tidak tercapainya tujuan pemasaran
e.       Perusahaan mengalami kerugian
 
13.  Usaha pertama dalam merencanakan kegiatan pemasaran yang mempunyai peranan yang khas untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya, merupakan bagian manajemen pemasaran tersebut pada tahap....
a.       Planning                                                          d. Controlling
b.      Organizing                                                      e. Directing
c.       Actuating
 
14.  Pak Iskandar merupakan seorang manajer di suatu perusahaan. Dia melakukan standarisasi kualitas pekerjaan karyawannya. Selain itu, Pak Iskandar juga melakukan pengawasan kinerja karyawannya. Yang dilakuakn Pak Iskandar termasuk dalam manajemen pemasaran berupa....
a.      Planning                                                         d. Controlling
b.     Organizing                                                      e. Directing
c.      Actuating
 
15.  Konsep dasar produksi barang yang didasarkan usaha pemenuhan produk untuk kebutuhan masyarakat luas di seluruh dunia disebut ....
a.       Konsep produksi                                             d. Konsep produk
b.      Konsep pembelian                                           e. Konsep pemasaran sosial
c.       Konsep pemasaran global
 
16.  Konsep pemasaran yang mengatakan bahwa konsumen menyukai produk yang ditawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik, merupakan....
a.       Konsep produksi                                             d. Konsep pemasaran
b.      Konsep produk                                               e. Konsep pemasaran global
c.       Konsep penjualan
 
 17.  Pak Kinan membuat cafe untuk anak muda dengan sasaran mahasiswa dengan harga yang murah meriah kegiatan tersebut termasuk....
a.       Konsep produksi                                             d. Konsep pemasaran
b.      Konsep produk                                               e. Konsep pemsaran global
c.       Konsep penjualan
 
18.  Konsep pemasaran global berusaha untuk memenuhi kebutuhan …
a.       Masyarakat setempat                                      d. Seluruh masyarakat dan negara
b.      Lokal                                                               e. Masyarakat seluruh dunia
c.       Daerah tertentu saja
 
19.  Berikut yang termasuk dalam kelebihan konsep pemasaran, kecuali....
a.       Memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat
b.      Mudah dalam memikat hati pelanggan
c.       Pemasaran terkoordinir
d.      Penyebarannya promosi mudah
e.       Modal yang digunakan besar
 
20.  Kelebihan konsep pemasaran dimana penjual mmapu menyediakan produk sesuai kebutuhan konsumen merupakan ....
a.       Memberikan apa yang dibutuhkan konsumen
b.       Sulit menarik hati pelanggan
c.       Pemasaran kurang terkoordinir
d.      Penyebarannya sangat minim
e.       Modal yang digunakan besar
 
21.  Penawaran pasar tidak terbatas pada barang fisik, tetapi juga jasa atau berupa layanan. Berikut yang bukan merupakan penawaran jasa layanan adalah....
a.       Perbankan                                                       d. Pariwisata
b.      Perjalanan Udara                                             e. Perabot Rumah Tangga
c.       Penginapan Hotel
 
22.  Pemasaran hanya berkaitan dengan penjualan dan pembelian, pandangan tersebut merupakan ruang lingkup pemasaran jika dipandang sebagai....
a.       Pandangan modern                                         d. Pandangan akuntabilitas
b.      Pandangan sederhana                                     e. Pandangan efektifitas
c.       Pandangan fleksibilitas
 
23.  Dalam ruang lingkup manajemen pemasaran, yang merupakan elemen dasar pada pemasaran adalah....
a.       Produk dan layanan                                        d. Distribusi fisik
b.      Riset pemasaran                                              e. Promosi
c.       Saluran distribusi
 
24.  Hal yang mencakup sejumlah perantara yang dilakukan saat melakukan pemasaran seperti grosir, dan pengecer adalah....
a.     Produk dan layanan                                        d. Elemen harga
b.     Riset pemasaran                                              e. Promosi
c.     Saluran distribusi
 
25.  Elemen pemasaran yang menjadi satu-satunya elemen pemasaran yang menghasilkan pendapatan adalah....
a.      Produk dan layanan                                        d. Elemen harga
b.      Riset pemasaran                                              e. Promosi
c.      Saluran distribusi
 
26.  Ruang lingkup pemasaran dimana pemasar mempelajari dan menganalisis bagaimana konsumen merespon suatu produk atau jasa tertentu adalah....
a.       Kebutuhan dan Keinginan Konsumen
b.      Perilaku Konsumen
c.       Perencanaan
d.      Kebijakan Harga
e.       Promosi
 
27.  Kegiatan yang mencakup kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasarannya disebut....
a.         Kebutuhan konsumen                                   d. Perilaku konsumen
b.        Perencanaan pendapatan                               e. Kebijakan harga
c.         Promosi
 
28.   Bacalah pernyataan berikut.
1)        Pertumbuhan lamban
2)        Penurunan penjualan
3)        Pola beli yang berubah-ubah
4)        Peningkatan persaingan
5)        Meningkatnya pengeluaran untuk pemasaran
6)        Perubahan situasi ekonomi dan lingkungan lainnya
 
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan....
a.       Konsep pemasaran                                         d. Alasan melakukan pemasaran
b.      Ruang lingkup pemsaran                               e. Tujuan pemasaran
c.       Ciri-ciri pemasaran
 
29.  Pemasar yang ingin meraih kesuksesan berbisnis perlu memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Lingkungan yang berada di luar perusahaan yang dapat mempergaruhi keberhasilan perusahaan disebut ....
a.       Lingkungan eksternal                                     d. Lingkungan internal pemasaran
b.      Lingkungan dalam perusahaan                       e. Karakteristik pemasaran
c.       Ruang lingkup pemasaran
 
30.  Bentuk pelayanan yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan adalah....
a.       Pemasaran                                                       d. Transaksi
b.      Nilai                                                                e. Produk
c.       Jasa
 
 
### Selamat Mengerjakan###
 
Baca Juga:
02# Apa saja Manfaat Digital Onboarding?
03# Apa saja fungsi Digital Onboarding yang perlu diketahui?
04# Apa saja faktor pendukung berkembangnya digital onboarding?
05# 3 Fitur Sistem Digital Onboading yang perlu Anda ketahui?
06# Contoh Soal Digital Onboarding untuk Kelas XI SMK
07# 10 Soal Tipe Assesmen Kemampuan Minimal (AKM) Digital Onboarding yang wajib Anda ketahui!
08# Apa Saja Jenis Platform Pemasaran Digital yang populer?
09# Manfaat Platform Pemasaran Digital untuk kesuksesan usaha
10# Apa sih tujuan penggunaan Platform Pemasaran Digital?
11# Apa saja persiapan awal Penggunaan Platfotm Pemasaran Digital??
12# Memahami pengertian dan manfaat pemasaran digital melalui web
13# Cara membuat blog yang mudah dan menarik untuk pemasaran digital
14# Bagaimana langkah-langkah membuat akun dan posting di medium?
15# Contoh Soal Digital Onboarding 2 untuk Kelas XI SMK
16# Langkah-langkah pemasaran digital menggunakan Wattpad
17# Bagaimana sih langkah-langkah pemasaran digital menggunakan Slide Share?
18# Apa bisa Scribd digunakan untuk media pemasaran digital?
19# Bagaimana menggunakan Academia untuk pemasaran digital?
20# Bagaimana cara memanfaatkan ISSUE untuk Pemasaran digital?
21# Bagaimana sih cara memnfaatkan SITERUBIX untuk pemasaran digital?
22# Bagaimana cara menggunakan WORDPRESS untuk Pemasaran Digital?
Selengkapnya lihat video di Chanel Youtube: Sutadi YT80


SELAMAT MENGERJAKAN

Kembali ke Beranda

Posting Komentar

0 Komentar